-->

3 October 2013

Kemah Penerimaan Tamu Ambalan 2013

Kegiatan Kemah Penerimaan Tamu Ambalan tahun ini diikuti 29 peserta dari kelas X. Acara berlangsung di Lap Madureso - Warungasem. Acara berlangsung selama 3 hari 2 malam mulai tanggal 3-5 September 2013. Berikut laporan Rafidah Z, panitia KPTA 2013.




Hari Pertama - Selasa, 3 September 2013
Kami mengawali kegiatan kemah bersama para peserta dengan pendirian tenda peserta berdasarkan kelompok sangga masing-masing, dan para peserta terlihat antusias. Mereka mendirikan tenda bersama wali sangga-nya masing-masing. Satu persatu panitia disibukan dengan tugas masing-masing. Setelah pendirian tenda selesai dilanjutkan dengan upacara pembukaan, dimana dalam upacara tersebut dibuka secara adat dan disertai penyematan tanda peserta.

Setelah upacara pembukaan dan istirahat beberapa menit dilanjutkan dengan pemberian materi PDK (Pendidikan Dasar Kepramukaan) yang disampaikan oleh kak Amrizal M, dan dilanjutkan materi DA (Dewan Ambalan) yang disampaikan langsung oleh kak Ercilia Fernanda. Setelah itu dilanjut Ishoma.

Pada jam 16.30 Wib pemulangan peserta putri yang dipimpin oleh wali sangga putri yang bertugas. Kembali pada kegiatan peserta putra yang langsung disibukan dengan kegiatan ishoma yang di isi oleh kak A Fikri. Selang beberapa waktu, peserta putra melaksanakan masa adaptasi yang dibina oleh kak Uaisy Al-qurni.

Hari Kedua - Rabu, 4 September 2013
Acara KPTA hari kedua diawali oleh seluruh peserta beserta panitia melaksanakan sholat tahajud bersama, yang dipimpin oleh kak Taufik Ismail kemudian dilanjut sholat Subuh. Sedangkan peserta putri dalam perjalanan menuju lokasi perkemahan yang dipimpin oleh kak Fairus. Setibanya dilokasi perkemahan, seluruh peserta baik putra maupun putri diwajibkan mengikuti apel dan senam pagi yang dipimpin oleh kak Husni dan kak Aida.

Acara selanjutnya diisi dengan kegiatan baksos yang diarahkan langsung oleh kak Thufail kepada setiap peserta KPTA, para peserta yang mengikuti baksos diambil secara perwakilan dari setiap sangga sebanyak dua orang, kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok sejumlah empat orang yang terdiri dari 2 putra dan 2 putri. Kelompok pertama di arahkan oleh kak Thufail ke setiap pedesaan disekitar lokasi perkemahan, sedangkan kelompok kedua diarahkan oleh kak Ercilia Fernanda yang berlokasi di SD.

Selesai acara baksos dilanjut acara KUNGFU CHEF yang dibawakan langsung oleh kak Taufik, setiap peserta  terlihat begitu antusias, berbagai makanan disajikan kepada dewan juri. Dilanjutkan acara PBB yang dimpin oleh kak M.Hidayat dan kakak Pelatih Pramuka yaitu kak Eko Purbo Rusanto. Setelah berbagai acara dilewati, para peserta dipersilahkan untuk istirahat. Selesai istirahat peserta diharuskan mengikuti kegiatan sosialisasi satuan karya yang diisi oleh kak Liya Qorina. Acara selanjutnya persiapan api unggun, pensi dan MCK. Jam 19.30 – 20.30 acara api unggun dan pensi dimulai dengan semangat yang luar biasa dari para peserta dan panitia. Ketika berlangsung acara pentas seni setiap peserta menampilkan karya seninya masing-masing, setiap sangga ada yang menampilkan nyanyi dan tarian adat Indonesia. Acara berakhir pada jam 20.30 dan dilanjutkan pemulangan peserta putri yang dipimpin oleh kak Ravida. Dilanjutkan dengan makan malam dan sweet dream untuk peserta putra.

Hari Ketiga - Kamis, 5 September 2013
Hari ini peserta putra bangun dan langsung melaksanakan sholat tahajud yang di pimpin oleh kak Taufik Ismail dan diiringi sholat subuh berjamaah di mushola terdekat. Pukul 07.00 peserta putri sedang bersiap-siap untuk perjalan menuju kelokasi perkemahan. Selang beberapa menit sampailah peserta putri di lokasi perkemahan. Langsung dilaksanakan apel pagi dan senam, para peserta terlihat begitu bersemangat dan penuh ceria. pada jam  08.00-12.00 acara penjelajahan yang harus dilewati oleh peserta putra maupun putri disetiap rintangan yang telah disiapkan oleh panitia. para peserta mulai beraksi dijam setengah sembilan, lokasi jelajah di desa Siderejo Warungasem.

Rintangan pertama bertempat dilapangan bulu tangkis Warungasem yang dijaga oleh kak Liya dan kak Husni Mubarak, diisi materi PBB. Rintangan kedua bertempat disawah dijaga oleh kak Salim dan kak Husni Umar di isi materi sejarah kepramukaan. Rintangan ke tiga bertempat di makam Warungasem yang dijaga oleh kak Taufik dan kak Ravida diisi materi tali-temali. Rintangan ke empat bertempat di tengah sawah yang dijaga oleh kak Diah dan kak Fairus yang di isi materi ilmu pengetahuan.

Dan pos terakhir bertempat di Sungai yang di jaga oleh kak Uaisy yang diisi materi mental diri. Setelah acara penjelajahan dilanjut acara ishoma kemudian pesan kesan dan KPTA Award, Dilanjut acara ramah tamah, dan terakhir bongkar tenda, upacara penutupan.

Reporter: Ravida Z
Redaktur: Mohammad MN