-->

1 June 2013

Kunjungan ke KPAD Kota Pekalongan

Pada hari rabu tanggal 15 mei 2013 siswa-siswi SMA Al Irsyad Pekalongan melakukan acara kunjungan ke KPAD (Perpustakaan Kota Pekalongan). Pada kesempatan ini TPR berkesempatan mewawancarai salah satu pustakawan KPAD, Bapak Egi.



Assalaamu’alaikum wr wb. Kami dari TPR SMA AL-IRSYAD Pekalongan ingin mewawancarai bapak dengan tema seputar KPAD.
Bapak Egi: Silahkan, dengan senang hati.

Kapan Perpustakaan kota ini didirikan?
Perpustakaan ini didirikan kira-kira pada tahun 80-an dan sempat juga bergonta-ganti nama. Pernah jadi Badan Arsip, atau hanya jadi kantor perpustakaan dan masih banyak lagi. Dan sekarang mulai tahun 2009 kita menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Pekalongan.

Apa misi dan visi perpustakaan kota ini?
Visi kami “Penyedia Informasi dan Pengetahuan yang Representative, Aspiratif, Inspiratif dan Profesional untuk mendukung terwujudnya masyarakat cerdas”.

Misi kami: Menyelamatkan, menyimpan, memelihara, melestarikan dan menyediakan bahan perpustakaan dan kearsipan1. Menyediakan akses informasi yang memadai dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat2. Menyadarkan masyarakat untuk memberdayakan perpustakaan dan arsip3. Meningkatkan kualitas SDM dan Sistem Informasi dalam pengelolaan perpustakaan dan kearsipan4. Merencanakan, mengorganisasikaan, memfasilitasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas perpustakaan dan kearsipan5.

Kegiatan apa saja yang dilakukan pegawai dari buka sampai perpustakaan ini tutup pada hari kerjanya?
Kegiatannya ya seperti rutinitas biasa, kita buka jam 07.30-15.30 untuk layanan umum pada hari Senin-Kamis. Sedangkan hari Jum’at bukanya seperti biasa jam 07-30, kita istirahat jam 11.00 untuk shalat Jum’at tapi, layanan masih buka karena ada pegawai perempuan dan tutup pada jam 14.00. Kalau Sabtu jam 09.00-13.00. Minggu pun kita buka untuk layanan umum seperti hari Sabtu, karena pegawai juga banyak yang libur.

Apa saja peraturan yang ada di perpustakaan kota ini?
Untuk peraturan menjadi anggota, kami lebih mengutamakan dari warga Pekalongan. Adapun orang selain warga Pekalongan yang ingin menjadi anggota tidak masalah tapi kesehariannya harus di kota Pekalongan, seperti pelajar. Kenapa kami melakukan pembatasan itu? karena ketersediaan buku yang ada di perpustakaan kota ini terbatas juga meminimalisir keterlambatan pengembalian buku. Karena bisa jadi peminjam yang dari kota luar ketika ingin mengembalikan akan malas karena daerahnya jauh.

Kalau begitu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota perpustakaan kota ini?
Ya syaratnya itu tadi, selain diutamakan warga kota Pekalongan, calon anggota juga diminta mengumpulkan fotocopy KTP dan mengisi formulir. Gratis dan lansung jadi pada saat itu serta dapat pinjam buku langsung.

Menurut Bapak, bagaimana minat baca warga Pekalongan saat ini?
Kalau minat baca Alhamdulillah dari hari ke hari semakin bagus. Kemudian dengan kesadaran mereka juga semakin bagus. Pokoknya bagus lah.

Program apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca warga Pekalongan?
Program yang kita laksanakan cukup banyak. Ada lomba membaca, lomba pusi, lomba bercerita. Kita juga punya perpustakaan keliling, khusus untuk sekolah-sekolah yang sulit menjangkau perpustakaan ini. Kami juga menyediakan kotak pengembalian buku, lokasinya didepan pintu Perpustakaan dan didepan Gedung KPAD. Agar para peminjam dapat mengembalikan buku walaupun jam kantor perpustakaan sudah tutup.

Koleksi apa saja yang dimiliki perpustakaan kota ini pak?
Koleksi yang dipunyai ya terutama buku-buku umum, pelajaran. Ada juga punya koleksi sejarah yang lama. Kita juga punya koleksi referensi yang jarang dimiliki. Koleksinya juga tiap tahun bertambah. (red: koleksi referensi tidak boleh dipinjam pulang, hanya boleh dibaca di KPAD)

Prestasi apa saja yang pernah diukir oleh perpustakaan ini?
Prestasi yang masih baru yaitu kita Juara III Tingkat Provinsi dan prestasi yang kita banggakan adalah kita satu-satunya perpustakaan di Indonesia yang memiliki perpustakaan digital.

Apa saja isi dari program Otomasi Perpustakaan?
Ada bermacam otomasi yang kita gunakan, ada katalog buku, sirkulasi peminjaman, buku digital, dll.

Terimakasih atas informasi dan waktunya pak Egi.
Sama-sama.

Reporter: Chumaeroh & Hazim MN
Redaktur: Mohammad MN