-->

24 June 2012

Mas'ad U Basleman, Peringkat I KKR Kota Pekalongan 2012

Disela-sela pengambilan rapor, TPR SMA Al Irsyad berkesempatan mewawancarai Mas’ad U Basleman yang baru saja memenangi kompetisi Kader Kesehatan Remaja (KKR) se-Kota Pekalongan pada tanggal 15 Juni 2012 di SDN 4 Keputeran Pekalongan.


Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabar Anda hari ini?
waalaikumusalam wr wb, Alhamdulillah kabar saya baik.

Selamat, Anda menjuarai kompetisi KKR, bagaimana ceritanya?
Ya, alhamdulillah. Saya mengikuti kompetisi ini di SDN 4 Keputeran Pekalongan. Pada tahap pertama semua peserta diseleksi dengan ujian tertulis (45 soal pilihan ganda, 5 soal essay) yang dikerjakan dalam waktu 30 menit. Alhamdulillah saya lolos tahap pertama dengan peringkat I dari 14 peserta. Setelah itu langsung menuju putaran final KKR, materi ujinya adalah presentasi. Kami (peringkat 1-6) diminta panitia untuk memilih satu dari beberapa amplop yang berisikan materi yang harus dipresentasikan. Dan Alhamdulillah saya mendapat peringkat I lagi. Saya sangat bersyukur.

Tolong jelaskan kepada Kami tentang tema dari kompetisi yang Anda ikuti?
KKR adalah Kader Kesehatan Remaja. Disitu kita diarahkan untuk mengerti tentang isu kesehatan seputar remaja, misalkan tentang bahaya narkotika, bahaya merokok, bahaya pergaulan bebas, dan banyak penjelasan tentang kegiatan positif yang bisa dilakukan remaja.


“…yakinlah bahwa kita mampu memberikan yang terbaik…”


Dan bagaimana dengan kemampuan kompetitor Anda disana?
Kompetitor  saya disana sepertinya lebih meyakinkan, awalnya saya kurang PeDe. Mereka sepertinya sudah terbiasa mengikuti banyak kompetisi, dan terlihat lebih mudah berkomunikasi dengan panitia acara. Ada satu yang menurut saya bakal menjadi pesaing berat, namanya Clara, peserta dari SMA Bernadus.

Setelah mengikuti event ini, manfaat/pelajaran apa yang Anda dapat?
Kita itu bersaing jangan hanya melihat dari luarnya saja, yakinlah bahwa kita mampu untuk memberikan yang terbaik. Kita juga mendapat ilmu walaupun tidak langsung, seperti yang biasanya malu untuk menyampaikan sesuatu, sekarang jadi lebih lancar dalam presentasi.

Terimakasih Mas’ad, semoga sukses pada Jumbara di Boyolali (2-3 Juli 2012).

Reporter: Mohammad MN