-->

9 February 2013

Pelatihan Perawatan Jenazah

Pada hari kamis tanggal 24 Januari 2013 atau bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Lajnah Dakwah Al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan mengadakan acara Perawatan Jenazah. Narasumber acara tersebut adalah Bapak Umar Badres.


Acara yang berlangsung di gedung SMP Al Irsyad Pekalongan ini dihadiri oleh kurang lebih 20 orang bapak-bapak dari Perguruan Al Irsyad Pekalongan. Para peserta tampak antusias mendengarkan beberapa pengalaman Bapak Umar Badres tentang perjalanannya (beserta tim Fastabik Khairat) untuk membantu meringankan beban urusan perawatan jenazah sesama muslim di Pekalongan.

Dan berikut ini kami sajikan beberapa wawancara singkat TPR dengan Bapak Najmuddin selaku Ketua Lajnah Dakwah Al Irsyad Pekalongan:

Bagaimana tanggapan Bapak tentang acara Perawatan Jenazah yang baru saja kita selesaikan?
Alhamdulillah, jadi kegiatan Perawatan Jenazah ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Lajnah Dakwah Pimpinan Cabang Al Irsyad Al Islamiyyah Pekalongan. Insyaallah acara Perawatan Jenazah akan kami selenggarakan lagi tetapi dengan sasaran  Ibu-ibu pengajar di Perguruan Al Irsyad Pekalongan, dan acara ketiga akan kami selenggarakan untuk bapak-bapak ataupun pemuda dari kalangan umum.

Kami harapkan semua peserta yang mengikuti acara ini dapat menguasai teori dan praktek dalam masalah perawatan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani dan tatacara menguburkannya. Karena sampai saat ini masih sangat dibutuhkan orang-orang yang mampu merawat jenazah, terutama regenerasi/penerus dari kegiatan sosial ini. Seringkali disuatu daerah, hanya ada satu atau dua orang yang bisa mengerti tatacara memandikan jenazah.

Terimakasih Bapak Najmuddin, semoga acara ini dapat memberi kontribusi nyata bagi keilmuan masyarakat islam terutama dalam urusan perawatan jenazah.

Reporter: Mohammad MN